Best Practice Kegiatan Rencana Aksi PPL PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 Tahun 2023 LPTK UNIPMA
- Selasa, 06 Februari 2024
- smkpgri1nganjuk
- 0 komentar

Best Practice
Menyusun cerita Praktik Baik ( Best Practice ) menggunakan Metode STAR ( Situasi Tantangan Aksi dan Refleksi ) terkait pengalaman mengatasi permasalahan peserta didik dalam pembelajaran.
Lokasi |
SMK PGRI 1 Nganjuk |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Menengah Kejuruan |
Pendahuluan dan tujuan yang ingin dicapai |
1. Meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik dalam hal literasi pada mata pelajaran PKn . 2. Membuat situasi belajar yang menyenangkan dengan diskusi 3. Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam belajar bersama 4. Memupuk rasa bekerjasama / gotong-royong dalam diskusi 5. Meningkatkan minat dalam penggunaan media belajar yang modern. |
Penulis |
Yenny Nurhayati, S.Pd |
Tantangan |
1. Tidak semua peserta didik mempunyai karakter kerjasama dalam belajar. 2. Minat belajar peserta didik perlu ditingkatkan dalam bidang Pendidikan Pancasila. 3. Penggunaan TPACK baru di kenal oleh peserta didik. 4. Melatih peserta didik untuk meyampaikan pendapatnya tanpa memaksakan kepada peserta didik lainya. |
Tanggal |
Kegiatan PPL siklus I : 14 Desember 2023 Kegiatan PPL siklus II : 19 Januari 2024 |
Situasi Kondisi yang menjadi latar belakang masalah belakang mengapa praktik ini untuk di bagikan apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik |
A. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah 1. Kurangnya minat baca Peserta didik 2. Peserta didik beranggapan PPKn pelajaran yang membosankan dan belum maksimal memanfaatkan media/buku yang ada perpustakaan sekolah / minat baca peserta didik. 3. Peserta didik kurang mengenal penggunaan metode pembelajaran TPACK.(Tehnological Pedagogical and Content Knowlegde) B. Mengapa praktik ini penting untuk di bagikan ? karena berisi tentang mendiskripsikan pengalaman terbaik seorang guru terkait keberhasilan dalam meyelesaikan masalah selama proses pembelajaran, karena sebagian besar mengalami permasalahan yang sama,yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik, rendahnya minat belajar peserta didik. Selain itu best practice memuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga bisa memudahkan guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Hal yang penting untuk di bagikan sbb: 1. Selain bisa memotivasi diri guru sendiri dan juga di harapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain. 2. Metode pembelajaran yang lebih variasi 3. Media, alat dan bahan pembelajaran yang lebih inovatif 4. Proses pembelajaran yang lebih terstruktur 5. Pembelajaran berpusat pada peserta didik 6. Pembelajaran yang lebih menarik sehingga peserta didik lebih focus dan tercapainya tujuan 7. Guru berperan sebagai fasilitator C. Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ? Sebagai seorang guru sangat berperan penting dalam menciptakan generasi masa depan yang berkualitas. Peran saya selama proses pembelajaran antara lain sebagai sumber belajar, fasilitator, motivator, pengelola kelas, pembimbing, dan evaluator. Adapun tangung jawab saya sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang bekualitas dan bermakna bagi peserta didik dengan menerapkan model dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga tujuan pembelajaran yang akan di capai. 1. Melakukan identifikasi masalah pembelajaran yang terjadi di sekolah 2. Mencari alernatif solusi dari berbagai sumber , baik dari literatur, wawancara dengan kepala sekolah dan teman sejawat 3. Menyusun perangkat pembelajaran yang akan di gunakan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi , yaitu rendahnya kemampuan literasi peserta didik dalam raport pedidikan. 4. Perangkat yang disusun Modul Ajar, LKPD, bahan ajar, media pembelajaran dan isntrumen penilaian dan refleksi. 5. Pelalsanaan rencana aksi yang di lakukan sebanyak 2 siklus pembelajaran di kelas yang berbeda. 6. Merekam proses pembelajaran yang di lakukan dengan mengedit video tersebut sesuai dengan sintaks model pembelajaran yang di lakukan. 7. Melakukan analisis hasil pembelajaran untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran. 8. Melakukan refleksi pembelajaran yang sudah dii laksanakan. |
Tantangan
|
A. Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ? 1. Peserta didik belum terbiasa memahami materi pelajaran melalui media pembelajaran TPACK (PPT , video, dan e-learning google classroom) 2. Peserta didik mempunyai minat yang lemah/motivasi terhadap model pembelajaran ceramah/konvensional. 3. Penggunaan gadget yang kurang tepat dan ini akibat pembelajaran kurang menarik. 4. Peserta didik kuran bisa bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dalam diskusi. 5. Peserta didik masih terkesan memaksakan pendapatnya dan kurang bisa bekerjasama. B. Siapa saja yang terlibat ? 1. Guru berperan sebagai pengajar di kelas 2. Rekan guru berperan sebagai partner di sekolah dalam diskusi berbagi pengalaman mengajar. 3. Kepala Sekolah berperan sebagai penanggungjawab dan pengarah serta penasehat saat pelaksanaan KBM 4. Peserta didik berperan sebagai obyek yang di gunakan dalam kegiatan ini. |
Aksi |
A. Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ? 1. Guru selalu membiasakan menggunakan metode TPACK dalam KBM 2. Penggunaan model pembelajaran PBL selalu di terapkan untuk meningkatkan minat belajar. 3. Media belajar yang di design lebih menarik untuk meningkatkan minat belajar, guru mengawasi siswa dalam penggunaan gadget. 4. Guru memberikan support bekerjasama dalam kelompok. 5. Guru memberi support arti petingnya menghargai arti penting pendapat orang lain. B. Strategi apa yang digunakan, 1. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran PBL 2. Guru menyiapkan media konkrit PPKn dengan media video. Sedangkan media berbasis pembelajaran TPACK, antara lain : a. Media pembelajaran Video dari youtube. b. Media pembelajaran menggunakan Power Point 3. Guru merancang bahan ajar dan LKPD Disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dan disajikan dengan video dari youtube dan Tujuan Pembelajaran dengan mneggunakan media Power Point. 4. Guru membuat soal pretes, post test dan evaluasi dari kemampuan peserta didik 5. Sebagai tugas untuk pertemuan yang akan datang guru memberikan tugas dari grup Aplikasi Whaatshap dengan menggunakan Google classroom, Google Drive 6. Guru memberikan nasehat karakter tentang arti pentingnya menghargai pendapat orang lain dan bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. C. Bagaimana prosesnya ? Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran PBL ( Project Based Learning) Guru menyiapkan media konkrit antara lain 1. Melalui kegiatan menyampaikan tujuan pembelajaran dan menayangkan media yaitu video dari youtube yang digunakan untuk diskusi peserta didik , yang di bagi menjadi 5 kelompok. 2. Mengorganisasikan membentuk kelompok diskusi , peserta didik menemukan informasi dari hasil diskusi dan berikutnya di tampilkan ke depan untuk menampilkan hasil diskusi masing-masing. 3. Mengadakan refleksi dari penyampaian materi saat pembelajaran
D. Siapa saja yang terlibat ? 1. Guru : mengajar di kelas 2. Rekan guru : Operator Googlemeeting ( untuk mengijinkan dosen dan guru pamong untuk masuk 3. Kameramen : Merekam kegiatan pemelajaran 4. Peserta didik : Obyek/sampel yang digunakan dalam kegiatan E. Apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut? 1. Alat dan Bahan 2. Biaya : Tidak banyak , karena menggunakan alat dan bahan yang ada 3. Waktu : Jam Pelajaran sekolah |
Refleksi |
Refleksi hasil: · Bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, · Apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan · Bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, · Apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan. A. Bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan ? Dampak dari aksi yang telah dilakukan yaitu. 1. Dampak bagi guru a. Meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran yang bermakna, menarik, dan inovatif. b. Meningkatkan ketrampilan guru dalam mengoperasikan berbagai aplikasi google form dan Power point. c. Meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola kelas agar peserta didik selalu aktif dalam pembelajaran 2. Dampak dari peserta didik a. Peserta didik lebih bersemangat saat proses pembelajaran. b. Peserta didik terlatih dalam mengkomunikasikan hasil dengan tanggungjawab. c. Peserta didik mampu menganalisis penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat B. Apakah hasilnya efektif/tidak, Mengapa ? efektif C. Bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan ? Dari pihak yang terlibat mengungkapkan bahwa strategi yang di lakukan secara terus menerus, mengingat proses pembelajaran yang telah di lalui peserta didik sangat memberikan dampak positif untuk mereka. Rekan guru atau sejawat yang membantu proses perekaman menambahakan jiwa peserta didik memang mengalami peningkatan dan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik . D. Apa yang menjadi factor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan ? Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat |
Daftar Pustaka |
1. https://serupa.id/problem-based-learning/ 2. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/tpack/ 3. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/perangkat-ajar/konsep-komponen-modul-ajar/
|
Tautan :
- Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)
- Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)
- Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)
- Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)
- Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)
- Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id